Tips Agar Kadar Gula Darah Tetap Terkendali Saat Puasa

Tips Agar Kadar Gula Darah Tetap Terkendali Saat Puasa – Selama puasa, banyak perubahan tubuh yang terjadi. Salah satunya adalah penurunan kadar gula darah. Sebenarnya, semua orang akan mengalami penurunan kadar gula darah saat berpuasa.

Namun, hal ini tentu akan menjadi maslaah besar apabila terjadi pada penderita diabates. Oleh karena itu, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes jika ingin berpuasa. Apa sajakah itu? Berikut tips nya.

Tips mengendalikan gula darah saat berpuasa

Tips Agar Kadar Gula Darah Tetap Terkendali Saat Puasa

Jumlah gula darah yang tak terkendali akan menyebabkan komplikasi pada penderita diabates seperti Hiperglikemia dan Hipoglikemia. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan para penderita diabetes jika ingin tetap berpuasa.

Atur porsi makan untuk menjaga kadar gula darah saat puasa

Sebenarnya hal ini tergantung bagaimana perencanaan makan Anda saat berpuasa. Peraturan makan ini tentunya akan memengaruhi perubahan gula darah dari dalam tubuh.

  • Karbohidrat, setidaknya konsumsi antara 45-50% dari total kebutuhan kalori atau minimal 130 gram karbohdrat per hari.
  • Serat, dibutuhkan sekitar 20-35 gram per hari.
  • Protein, sekitar 20-30% diperlukan dari total kalori dalam satu hari.
  • Lemak, kurang dari 35% harus dikonsumsi dari total kalori per hari.

Pemilihan makanan ketika sahur dan berbuka memengaruhi kadar gula darah saat puasa

Tak hanya porsi yang harus diperhatikan, tapi pemilihan dari makanan juga memengaruhi kadar gula darah saat puasa.

  • Karbohidrat. Hindari makanan yang mengandung jumlah karbohidrat sederhana, seperti gula dan madu yang tinggi. Sebaiknya, ganti semua makanan yang mengandung gula dengan buah-buahan. Sementara konsumsi makanan karbohidrat yang mengandung serat, seperti nasi merah atau gandum.
  • Protein. Makanan yang direkomendasikan seperti ikan, susu rendah lemak, daging tanpa lemak. Hindari makan makanan yang digoreng serta makanan yang mengandung lemak jahat.
  • Lemak. Gunakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh, seperti minyak palem, minyak zaitun, minyak kanola. Sementara hindari penggunaan mentega yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Minum air yang cukup agar tubuh terhidrasi, tapi ingat jangan minum minuman yang mengandung rasa manis. Perbanyak minum saat sahur dan berbuka, jangan terlalu banyak minum di saat makan karena dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan agar kadar gula darah diabetesi terjadi selama berpuasa

  • Melakukan olahraga. Namun hindari berolahraga sebelum berbuka karena risiko hipoglikemia cukup tinggi
  • Buka puasa lebih baik dimulai dengan minum air putih terlebih dahulu
  • Makan sahur ketika dekat-dekat dengan waktu imsak
  • Melakukan uji kadar gula darah sebelum dan 2 jam sesudah berbuka puasa, sebelum sahur dan ketika mencapai tengah hari. Bila kadar gula kurang dari 70 mg/dL sebaiknya batalkan puasa Anda dan periksakan diri ke dokter.

Nah itulah panduan aman berpuasa bagi penderita diabetes agar kadar gula darah tetap terkendali saat puasa. Semoga bermanfaat 🙂

Post by : HalloViva.com

Tips Agar Kadar Gula Darah Tetap Terkendali Saat Puasa

Tinggalkan komentar

Chat via WhatsApp