Bahaya Minum Es saat Berbuka Puasa bagi Kesehatan

Bahaya Minum Es saat Berbuka Puasa bagi Kesehatan – Setelah berpuasa seharian tentu tubuh kita menginginkan minuman dan makanan yang segar saat berbuka. Terlebih lagi jika tinggal di daerah yang bersuhu panas, berbuka dengan air es adalah salah satu pilihan yang dirasa nikmat dan tepat.

Bahaya Minum Es saat Berbuka Puasa bagi Kesehatan

Namun, tahukah Anda jika meminum air es saat berbuka berbahaya bagi kesehatan?

Mengonsumsi minuman dingin setelah seharian penuh tidak minum dan makan apapun justru akan membuat lambung bekerja dengan lebih lambat. Terutama mengingat minuman tersebut juga harus disesuaikan dengan suhu tubuh.

Suhu makanan menjadi penting, karena dengan suhu yang tepat, tubuh kita akan beradaptasi dengan kondisi pasca puasa dengan lebih baik pula.

Suhu makanan yang tepat dikonsumsi adalah yang sesuai dengan suhu tubuh yaitu sekitar 30 derajat celcius. Suhu yang terlalu rendah dan terlalu tinggi bisa mengganggu penyerapan zat gizi menjadi tidak maksimal.

Minum es saat berbuka berarti kita mengonsumsi minuman bersuhu sangat rendah, dibawah 5 derajat celcius, saat perut dan tubuh sedang kosong.

Menurut pakar gizi Indonesia, Profesor Hardinsyah, berbuka dengan minuman dingin akan menyebabkan beberapa hal yaitu :

  • Tubuh akan berkerja lebih keras

Tubuh harus selalu menyesuaikan makanan dan minuman dengan suhu tubuh terlebih dahulu sebelum mencernanya. Makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan suhu tubuh ini dapat membuat tubuh kita bekerja lebih berat dalam mencernanya.

Minuman dingin dapat membuat tubuh bekerja lebih keras karena harus menyesuaikan suhu minuman menjadi sama dengan suhu tubuh agar dapat dicerna dan masuk ke dalam pembuluh darah dengan lebih baik.

  • Tubuh tidak terhidrasi dengan baik

Cairan merupakan zat gizi utama yang harus segera dipenuhi saat berbuka puasa. Tetapi, minuman dingin harus disesuaikan suhunya terlebih dahulu baru dapat dicerna oleh tubuh.

Hal ini mengakibatkan proses hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh menjadi lebih lama, jika dibandingkan dengan minum minuman biasa, sehingga tubuh akan semakin lama mengalami dehidrasi.

Ini dapat menimbulkan gangguan ringan seperti pusing hingga gangguan pada organ jika berlangsung berkepanjangan.

Lantas, apakah minum es saat berbuka puasa sama sekali tidak boleh dilakukan?

Mengonsumsi minuman dingin boleh-boleh saja dilakukan, tetapi agar tubuh kita tidak terganggu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah :

1. Tidak langsung mengonsumsi minuman dingin saat berbuka

Usahakan Anda memulai berbuka puasa dengan minum air putih biasa, yang mirip dengan suhu tubuh. Lanjutkan berbuka dengan makanan manis yang tepat, misalnya kurma atau olahan buah segar.

Setelah perut Anda terisi dan tubuh sudah terhidrasi, 15-30 menit kemudian Anda dapat mengonsumsi minuman yang dingin.

2. Tidak berlebihan

Meskipun boleh diminum, namun sebaiknya konsumsilah secukupnya saja jangan berlebihan. Konsumsi satu gelas minuman dingin di sekitar waktu berbuka puasa boleh dilakukan.

Apabila Anda mengonsumsi minuman dingin terlalu banyak atau terlalu sering, maka tubuh akan bekerja semakin keras dan lama.

3. Siapkan minuman yang tidak terlalu dingin

Sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan es batu atau terlalu lama mendinginkan minuman dalam kulkas.

Dinginkan minuman untuk satu porsi dan segera habiskan minuman tersebut pada satu waktu agar tidak perlu menambahkan es lagi atau mendinginkan minuman tersebut secara berulang

Sedang mengalami masalah kesehatan? Yuk konsultasikan langsung kepada kami ยป KLIK DISINI

Post by : HalloViva.com

Bahaya Minum Es saat Berbuka Puasa bagi Kesehatan

Tinggalkan komentar

Silahkan Chat Disini!!