7 Tips Mengatasi Maag Kambuh di Malam Hari

7 Tips Mengatasi Maag Kambuh di Malam Hari

7 Tips Mengatasi Maag Kambuh di Malam Hari – Pernahkan Anda terbangun saat tengah malam karena sakit maag yang kambuh? Rasa nyeri perut di malam hari tentu bisa mengganggu tidur dan mengacaukan aktivitas di kemudian hari.

7 Tips Mengatasi Maag Kambuh di Malam Hari

Seseorang yang menderita sakit maag tentu sudah mengetahui bahwa mereka harus sangat memerhatikan pola makan mereka. Hal tersebut tentunya sangat penting agar kekambuhan maagnya tidak terus terjadi. Dan masyarakat awam percaya, bahwa sakit maag ini sangat mudah kambuh dimanapun dan kapanpun.

Tidak terkecuali saat mereka tengah beristirahat sekalipun, yaitu saat tidur. Oleh sebab itu, jika saat ini Anda kerap mengalami maag bahkan setiap hari dan ingin segera mengontrol kondisi tersebut. Kami memiliki beberapa tips untuk mengatasi maag yang kambuh di malam hari, berikut diantaranya :

7 Tips Mengatasi Maag Kambuh di Malam Hari

  • Jaga tidur dengan menyesuaikan posisi tidur Anda

Ingatlah untuk tidur di bagian sisi kiri dan meninggikan tubuh bagian atas saat Anda berbaring. Sebab, jika berbaring di tempat tidur datar dan bantal yang rendah bisa menimbulkan mulas yang lebih serius.

  • Hindari menggunakan pakaian ketat

Terutama penggunaan pakaian ketat di area pinggang. Sebab bisa memberikan tekanan pada peruh dan mengarah pada gejala mulas. Pakaian yang lebih longgar bisa membantu mengurangi tekanan pada perut saat tidur, sehingga darah mengalir lancar.

  • Hindari mengonsumsi makanan pemicu sakit maag

Meskipun setiap makanan yang berisiko memiliki reaksi berbeda-beda pada setiap orangnya, namun makanan ini bisa menjadi faktor risiko memperburuk kondisi Anda. Untuk itu sebaiknya hindari.

  • Hindari makan dalam porsi besar saat malam hari

Berdasarkan saran dokter, direkomendasikan untuk tidak makan 2 sampai 3 jam sebelum tidur agar asam lambung berkurang dan memungkinan kondisi perut untuk sebagian kosong sebelum tidur.

Selain itu, perut bisa mengalami tekanan jika makan dalam porsi besar. Maka sebaiknya makanlah dalam porsi yang kecil namun lebih sering.

  • Jangan berdiri atau berbaring sambil makan

Duduk di kursi yang nyaman akan memungkinkan pekerjaan perus lebih mudah dan menghindari tekanan saat menelan.

  • Jangan olahraga sesudah makan

Setidaknya tunggu dulu hingga 1 jam sebelum Anda memulai aktivitas olahraga. Sebab, perut akan mudah mengalami tekanan tinggi dan membuat kinerja perut tidak efektif. Serta meningkatkan risiko mulas.

  • Tetap tegak setelah makan

Risiko naiknya asam lambung menuju esofagus bisa berkurang secara efektif. Hindari membungkuk atau mengangkat benda besar saat perus tengah mencerna makanan.

Demikianlah beberapa tips mudah untuk mengatasi serta mencegah terjadinya kekambuhan asam lambung saat malam hari. Semoga bermanfaat.

Post By : Hallo ViVa

7 Tips Mengatasi Maag Kambuh di Malam Hari

Tinggalkan komentar

Silahkan Chat Disini!!