5 Hal yang Dapat Menyebabkan Kadar Gula Darah Meningkat

By | 01/04/2019

5 Hal yang Dapat Menyebabkan Kadar Gula Darah Meningkat – Menjaga kadar gula darah tetap stabil sangatlah penting, bukan hanya bagi penderita diabetes tapi siapa pun yang ingin menjaga kesehatannya. Tetapi, mengontrol gula darah tidak semudah yang diucapkan.

5 Hal yang Dapat Menyebabkan Kadar Gula Darah Meningkat

Gula darah bisa naik dengan cepat walau sudah melakukan kontrol ketat. Meningkatnya gula darah sendiri cukup berbahaya karena bisa memicu komplikasi penyakit lain yang mematikan seperti serangan jantung dan stroke.

Oleh sebab itu, penderita diabetes melitus harus menghindari berbagai hal yang bisa meningkatkan gula darahnya. Penyebab meningkatnya gula darah juga sangat sepele. Berikut ini adalah penyebab yang memicu gula darah naik dengan cepat.

  • Kurang Tidur

Penelitian yang diterbitkan di The Journal Diabetes Care membatasi tidur penderita diabetes melitus tipe satu hanya 4 jam dalam semalam, dan hasilnya diketahui bahwa sensitivitas insulin mereka menurun 14% hingga 21%.

Kurang tidur akan meningkatkan stres pada tubuh dan berakibat pada kadar gula darah naik. The National Sleep Foundation (NSF) menyatakan bahwa ketika tidur terjadi penurunan hormon kortisol dan aktivitas sistem saraf yang dapat menjaga ragulasi kadar gula darah dalam tubuh.

  • Melewatkan Sarapan

Sarapan sangatlah penting untuk dilakukan semua orang, tak hanya bagi penderita diabetes saja. Berdasarkan penelitian di tahun 2013, wanita gemuk yang tak sarapan mempunyai tingkat insulin dan kadar gula darah lebih tinggi setelah makan siang beberapa jam kemudian daripada saat mereka sarapan.

The Journal Diabetes Care mengatakan bahwa ketika penderita diabetes melitus tipe 2 melewatkan sarapan, maka sel beta pankreas yang berfungsi untuk menghasilkan insulin bekerja tidak maksimal, sehingga menyebabkan gula darah naik.

  • Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi yang berbahaya bagi penderita diabetes melitus. Mengalami dehidrasi bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh karena aliran darah dalam tubuh kekurangan cairan dan lebih mengental.

Kondisi ini juga dapat terjadi sebaliknya, ketika gula darah meningkat maka tubuh akan mengeluarkan urin lebih banyak, oleh karena itu dehidrasi terjadi.

Penderita diabetes harus membiasakan diri untuk mengonsumsi air mineral. Semakin banyak aktivitas fisik Anda yang dilakukan, maka semakin banyak kebutuhan air yang dibutuhkan tubuh.

Jika Anda tidak menyukai air mineral, Anda bisa menambahkan potongan buah seperti lemon, daun mint, atau stroberry untuk menambah rasa segar.

  • Pemanis Buatan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 17 orang dengan masalah obesitas, diketahui bahwa kadar gula darah dalam tubuh mereka meningkat ketika mengonsumsi minuman yang mengandung gula buatan dibandingkan dengan ketika mereka mengonsumsi air mineral.

Sama dengan hasil penelitian yang dipublikasikan di The Journal Nature pada tahun 2014 melaporkan bahwa konsumsi minuman dengan gula buatan yang berlabel “non kalori”, dapat menyebabkan intoleransi glukosa, peningkatan kadar gula darah, dan berisiko mengalami diebetes melitus tipe 2.

  • Mengonsumsi kafein

Minup kopi dan teh berlebihan juga buruk untuk gula darah Anda, karena kafein yang tinggi dalam minuman ini dapat menaikannya kadar glukosa dengan cepat. Walau tanpa gula tambahan, sebaiknya Anda batasi jika memiliki masalah dengan gula darah Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh A Duke University pada tahun 2008 menemukan bahwa penderita diabetes melitus tipe 2 yang mempuinyai kebiasaan mengonsumsi kopi atau teh yang mengandung 500 mg kafein, dapat meningkatkan 7,5% kadar gula darah.

Nah, itulah hal-hal sepele yang kita sering abaikan yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Jadi, sebaiknya mulai sekarang yuk jalani pola hidup sehat untuk mencegah penyakit diabetes 🙂

Semoga Bermanfaat~

Post by : www.HalloViva.com

5 Hal yang Dapat Menyebabkan Kadar Gula Darah Meningkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *