3 Jenis Buah yang Baik untuk Berbuka Puasa Selain Kurma

3 Jenis Buah yang Baik untuk Berbuka Puasa Selain Kurma – Saat berpuasa, tubuh kita mengalami beberapa perubahan, termasuk dalam hal kerja enzim. Enzim yang biasanya dihasilkan oleh sistem pencernaan perlahan-lahan akan berkurang jumlahnya tergantung pada berapa lama kita berpuasa.

3 Jenis Buah yang Baik untuk Berbuka Puasa Selain Kurma

Lapisan yang melindungi perut juga akan berkurang seiring dengan lamanya waktu berpuasa. Sehingga, jika Anda mengonsumsi makanan yang cenderung bersifat mengiritasi perut, Anda lebih mungkin mengalami masalah pencernaan. Maka dari itu, saat berbuka makanan yang dimakan pertama kali sangatlah penting.

Anda disarankan untuk berbuka dengan makanan yang gampang dicerna, salah satu contohnya yaitu buah. Tetapi sayangnya, kebanyakan orang Indonesia hanya tahu kurma saja sebagai buah yang lazim dikonsumsi untuk berbuka puasa. Padahal selain kurma, ada banyak buah lain yang tak kalah kaya manfaatnya. Buah apa saja itu?

3 Jenis Buah yang Baik untuk Berbuka Puasa Selain Kurma

  • Semangka

Buah yang satu ini terkenal dengan kandungan airnya yang banyak. Namun, semangka juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Karena kandungan airnya yang banyak, buah ini cocok untuk digunakan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa.

Berhubung saat puasa tubuh kita cenderung mengalami dehidrasi karena asupan air yang berkurang selama beraktivitas. Semangka memiliki kandungan air dan elektrolit sebanyak 92% sehingga dapat membantu tubuh mendapatkan kembali cairan dan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Semangka juga termasuk jenis buah yang mudah dicerna.

  • Apel

Apel merupakan salah satu buah yang dikenal memiliki banyak manfaat. Meski kandungan air pada apel tidak sebanyak semangka, tetapi apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh selama puasa.

Saat Anda berpuasa dan tidak makan selama hampir 12 jam, kecenderungan untuk makan berlebih akan menjadi lebih tinggi, apalagi saat berbuka puasa. Kondisi ini tentu tidak baik bagi kesehatan karena bisa meningkatkan risiko kegemukan. Dengan mengonsumsi apel sebelum makan besar, Anda dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebih saat berbuka.

  • Anggur

Buah kecil yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan segar ini bisa membantu menggantikan cairan dan gula yang hilang dalam tubuh selama berpuasa.

Buah anggur juga termasuk salah satu jenis buah yang gampang dicerna karena kandungan air yang tinggi dan mengandung serat, sehingga baik untuk dimakan sebelum Anda mulai makan besar saat berbuka puasa.

Selain itu, anggur juga mempunyai banyak manfaat kesehatan lainnya. Dengan kandungan air dan seratnya, anggur dapat membantu mengatasi sembelit. Potasium dalam anggur berperan dalam mencegah bertambah parahnya tekanan darah tinggi.

Nah, itulah 3 buah yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa selain kurma. Dilihat dari manfaatnya, kenapa tidak mencobanya? ๐Ÿ˜‰

Sedang mengalami masalah kesehatan? Yuk konsultasikan langsung kepada kami ยป KLIK DISINI !

Post by : HalloViva.com

3 Jenis Buah yang Baik untuk Berbuka Puasa Selain Kurma

Tinggalkan komentar

Silahkan Chat Disini!!