3 Faktor Penyebab Luka Diabetes Sulit Sembuh

By | 30/03/2019

3 Faktor Penyebab Luka Diabetes Sulit Sembuh

3 Faktor Penyebab Luka Diabetes Sulit Sembuh – Diabetes tipe 2 merupakan kondisi tingginya kadar gula di dalam darah. Jika tidak segera ditangani, luka diabetes tersebut bisa memicu berbagai komplikasi termasuk penyakit kronis yang fatal.

3 Faktor Penyebab Luka Diabetes Sulit Sembuh

Salah satu keluhan yang paling banyak dilaporkan penderita diabetes ini ialah luka di bagian tubuh terutama kaki yang sulit untuk disebuhkan. Seorang pakar bedah kaki dari AS, dr. Daniel Cohen, mengatakan bahwa luka sekecil apapun pada penderita diabetes hari segera ditangani. Khususnya pada bagian kaki.

Sebab, luka diabetes tersebut bisa berubah menjadi borok kaki jika tidak segera ditangani. Kondisi borok atau infeksi kaki serius bisa semakin sulit untuk diobati. Bahkan dari sebagian kasus, borok atau luka yang sudah terlalu parah dapat mengharuskan penderita harus diamputasi.

3 Faktor Penyebab Luka Diabetes Sulit Sembuh

Lalu kenapa luka diabetes tersebut sulit untuk disembuhkan? Nah, berikut beberapa faktor yang bisa mengakibatka luka diabetes sulit hilang dan justru bisa semakin bertambah parah jika dibiarkan begitu saja.

  • Kekebalan tubuh yang lemah

Seorang dokter asal AS, dr.Asquel Getaneh mengatakan, tingginya kadar gula di dalam darah para penderita diabetes mengakibatkan sel-sel yang bertugas dalam menjaga imunitas tubuh mengalami pelemahan.

Oleh sebab itu, luka yang sedikit saja bisa jadi infeksi parah dan sulit untuk diobati. Dan jika sudah luka atau jadi borok, sel-sel imun tidak bisa memperbaiki kerusakannya dengan cepat.

  • Sirkulasi darah terhambat

Naiknya kadar gula darah darah bisa mengakibatkan berbagai komplikasi. Salah satunya ialah dinding pembuluh darah arteri yang menyempit dan mengeras.

Maka, aliran darah dari jantung menuju seluruh tubuh dapat terhambat. Padahal, bagian tubuh yang luka tersebut sangat memerlukan nutrisi dan oksigen yang terkandung di dalam darah agar bisa sembuh.

  • Neuropati (Kerusakan saraf)

Komplikasi lain dari diabetes salah satunya yaitu neuropati. Neuropati ini merupakan kondisi dimana Anda sudah tidak bisa lagi merasakan perih, sakit, ataupun nyeri pada area yang luka.

Sebab, saraf-saraf tubuh sudah mengalami kerusakan akibat tingginya kadar gula darah. Hingga akibatnya, saraf-saraf tak mampu lagi mengirimkan sinyal rasa sakit menuju otak.

Dan dengan kondisi yang tidak terasa sakit tersebut, kemungkinan secara tidak sadar luka bisa bertambah parah. Sehingga, Anda bisa saja terlambat dalam menangani luka tersebut sebelum terinfeksi atau menjadi borok.

Demikianlah penjelasan kali ini mengenai alasan mengapa luka penyakit diabetes sulit untuk disembuhkan. Semoga bermanfaat.

Post By : Hallo ViVa

3 Faktor Penyebab Luka Diabetes Sulit Sembuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *